Pusat Studi

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan aspek yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam proses pengembangan ilmu dan pendidikan tenaga kesehatan. Proses penelitian diperlukan untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan akses pelayanan kesehatan dengan ilmu dan strategi inovatif.

Pengabdian pada masyarakat akan mendekatkan akademisi pada kebutuhan sebenarnya yang ada di masyarakat. Oleh karena itu pelaksanaan dan pemanfaatan kedua kegiatan ini sangat diperlukan. Dengan pendekatan yang integratif, kegiatan ini akan dapat bermanfaat secara optimal dan efektif.

Berdasarkan SK Dekan FK Unpad no. 510/UN6.C/Kep/KP/2012 tertanggal 3 September 2012, unit yang sebelumnya bernama UPK (Unit Penelitian Kesehatan) dan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilebur menjadi satu unit, dan saat ini menjadi unit Laboratorium Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) FK Unpad.

Pusat Studi ini diketuai oleh seorang guru besar.

Pusat Studi berperan untuk pengembangan materi Program Studi Pendidikan Kedokteran terkait lingkup Pusat Studinya, juga pengembangan penelitian serta pengembangan kerja sama dan proposal untuk hibah. Seluruh staf FKUP terdistribusi pada berbagai pusat studi tersebut sesuai kepakaran, minat dan topik penelitiannya.

Ketua Pusat Studi juga bertindak sebagai Koordinator Sistem yang dijalankan dalam proses pendidikan tutorial program studi Pendidikan Dokter Tahap Akademik.

Sistem Kesehatan dan Inovasi Pendidikan Tenaga Kesehatan

merupakan wadah bagi kelompok keilmuan dan kepakaran dalam lingkup sistem kesehatan, namun tidak terbatas untuk kelompok keilmuan dan kepakaran lainnya...

Genetika Medis

Pusat Studi genetika Kedokteran Fakultas kedokteran Universitas padjadjaran didirikan sejak tahun 2013 dan di ketuai oleh prof.Dr.D.Sjarif. H. Effedy,dr.,SpA(K)...

Imunologi

Kelompok keilmuan dan kepakaran yang mempunyai minat terhadap kajian ilmu yang melakukan kegiatan Riset, Pengabdian pada Masyarakat, dan Pendidikan dalam rangka pengembangan keilmuan terkait kelainan Sistem Imun.

Onkologi dan Sel Punca

Working Group Onkologi merupakan suatu kelompok kerja yang memiliki tujuan utama untuk meningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dalam...

Berdasarkan Peraturan Rektor  Nomor : 5 Tahun 2016.

tentang Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Studi di Lingkungan Universitas Padjadjaran, dinyatakan bahwa :

  • Pusat Studi (Pusdi) berkedudukan dan berada di bawah fakultas dan bertanggung jawab kepada Dekan serta berkoordinasi dengan Kepala Departemen dan Ketua Program Studi.
  • Pembentukan Pusat Studi (pusdi) bertujuan untuk melakukan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan riset dan pengabdian pada masyarakat yang bersifat monodisiplin dan/atau multidisiplin serta pengendalian mutu kegiatan riset dan pengabdian pada masyarakat, sebagai penunjang pelaksanaan tugas fakultas.
  • Pusat Studi harus memiliki bidang keahlian tertentu dan mengembangkan di bidang keahliannya berdasarkan pendekatan monodisiplin dan/atau multidisiplin di tingkat fakultas.

Url : http://pusdi.fk.unpad.ac.id

Lokasi Pusat Studi terdapat di Eijkman & Jatinangor

id_IDIndonesian

Pin It on Pinterest

Share This