“DIK” Diskusi Internal Kearsipan Fakultas Kedokteran Unpad PEMBERKASAN ARSIP INAKTIF

Rabu, 09-Juni-2021 1105 viewer


[humas.fk@unpad.ac.id] laporan ruby

 

“DIK” Diskusi Internal Kearsipan Fakultas Kedokteran Unpad PEMBERKASAN ARSIP INAKTIF Jabatan Fungsional Arsiparis (JFA) Fakultas Kedokteran Unpad memiliki agenda rutin yaitu Diskusi Internal Kearsipan (DIK). DIK kali ini telah dilaksanakan pada hari :

Kamis, 10 Juni 2021,

pukul 11.00-12.00 WIB

dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Bertemakan

"Pemberkasan Arsip Inaktif"

pemateri :

Wini Rahayu, S.Sos., Fungsional Arsiparis Tingkat Ahli Pertama  

moderator:

Devivi Hafidah, S.A.P.  Fungsional Arsiparis Tingkat Ahli Pertama

 

Diskusi ini dihadiri oleh para tenaga kependidikan dari beberapa Departemen dan unit kerja di Fakultas Kedokteran Unpad. Peserta sangat antusias menyimak paparan pemateri. Pemateri menyampaikan materinya dengan jelas dan mudah dipahami. 4 (empat) pilar yang harus dikuasai dan dipahami oleh setiap arsiparis adalah

1. Tata Naskah Dinas (TND);

2. Kode Klasifikasi Arsip (KKA);

3. Jadwal Retensi Arsip (JRA) 

4. Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD).

Dengan memahami keempat pilar tersebut, pengelola arsip dapat memberkaskan arsip dengan tertata rapih, dan dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien. Tutur Wini. Tambahnya lagi, pemberkasan arsip harus disesuaikan dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Arsip aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya terus menerus. Tempat arsip aktif dinamakan dengan center file, tempatnya disetiap unit kerja. Sedangkan Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya sudah menurun.

Tempat Arsip inaktif berada di Records Center 2 (CR 2). Penyerahan arsip inaktif harus dilampirkan dengan Berita Acara, Daftar Berkas Arsip Inaktif, dan Daftar Isi Berkas arsip inaktif. Dan masih banyak lagi yang dipaparkan oleh wini. Pada saat sesi tanya jawab, para peserta sangat aktif bertanya. Dan pemateri menjawabnya sampai peserta mengerti dan memahami.

Wini menyampaikan juga bahwa Dia sebagai pengisi materi di kegiatan DIK bukan untuk mengajari, tetapi merefresh dan mengimplementasikan teori – teori yang sudah di dapat pada saat Diklat Jabatan Fungsional Arsiparis Tingkat Ahli pertama beberapa bulan yang lalu secara Distancing Learning. Salah satu peserta, memberikan saran untuk DIK

berikutnya tentang Arsip Elektronik, karena saat pandemi Covid-19 ini, arsip-arsip berupa digital. .

Ikuti terus DIK berikutnya dengan tema-tema menuju perubahan kearsipan.

Penulis berharap para Jabatan Fungsional Arsiparis baik SK DIKTI maupun SK Rektor dapat mengikuti diskusi ini dan Jabatan Fungsional lainnya pun dapat mengikuti. Karena setiap unit kerja memiliki arsip yang harus di tata rapih. (DH/10062021)

 

#DIK

#DISKUSIINTERNAL

#arsiparisfkunpad

#fkunpad

#unpadmaslahat

#kampusmerdeka


Artikel lainnya...

Nov 2019
07