Unit Publikasi Ilmiah dan HKI

Study Center ini diketuai oleh seorang guru besar.

Pusat Studi berperan untuk pengembangan materi Program Studi Pendidikan Kedokteran terkait lingkup Pusat Studinya, juga pengembangan penelitian serta pengembangan kerja sama dan proposal untuk hibah. Seluruh staf FKUP terdistribusi pada berbagai pusat studi tersebut sesuai kepakaran, minat dan topik penelitiannya.

Ketua Pusat Studi juga bertindak sebagai Koordinator Sistem yang dijalankan dalam proses pendidikan tutorial program studi Pendidikan Dokter Tahap Akademik.

Majalah Kedokteran Bandung (MKB)

Majalah Kedokteran Bandung (MKB) adalah jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terbit setiap tiga bulan (Maret, Juni, September, dan Desember) dengan menggunakan sistem peer review...

Althea Medical Journal (AMJ)

Althea Medical Journal (AMJ) adalah jurnal publikasi ilmiah elektronik peer review yang terbit setiap 3 bulan (Maret, Juni, September, dan Desember).

International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS)

International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS) promotes medical research for clinician, basic scientists and others who treat and investigate health and medical problems.

Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP)

Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP) merupakan jurnal publikasi ilmiah yang terbit setiap tiga bulan (April, Agustus dan Desember) dengan menggunakan sistem peer review untuk seleksi artikel.

Unit Publikasi  Ilmiah dan HKI.

Hasil kegiatan penelitian dapat dituangkan ke dalam bentuk sebuah artikel yang berkualitas. Artikel publikasi khususnya yang dimuat sebagai artikel dalam majalah berkala atau jurnal ilmiah merupakan tolak ukur objektif hasil kegiatan ilmiah seorang ilmuwan atau peneliti. Publikasi ilmiah merupakan bukti komitmen dan intensitas karya atau aktivitas keilmuwan bagi mereka yang berkecimpung di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Fakultas Kedokteran menjembatani para ilmuwan untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya di jurnal ilmiah. Unit UPI dan HKI sekarang ini mempunyai 3 (tiga) buah jurnal berkala ilmiah yaitu Majalah Kedokteran Bandung (MKB) dan International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS), bekerja sama dengan jurnal profesi, yaitu Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP), sebuah jurnal elektronik yaitu Althea Medical Journal (AMJ), dan menerima pembuatan Buku Ajar kedokteran dan kesehatan, serta membantu pengusulan Hak Kekayaan Intelektual yang meliputi hak cipta dan hak paten.

Berdasar atas Surat Keputusan nomor: 1584/H6.7/Kep/FK/2010, tentang Pengangkatan Pengelola Teknis Unit Continuing Professional Development (CPD) dan Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka sejak tanggal 1 September 2012 Unit yang semula dengan nama Unit Publikasi Ilmiah dan Paten menjadi Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual.

en_USEnglish

Pin It on Pinterest

Share This