Program Studi Magister Kebidanan

Kamis, 15 Agustus 2019 22:02:12 1026 viewer

Latar Belakang

Masalah Kesehatan Ibu dan Anak sampai saat ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pada tahun 2015 AKI sejumlah

305/100 ribu kelahiran. Hal ini sangat memprihatinkan. Khususnya oleh profesi Bidan, karena bidan   salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peran penting dan strategis terutama dalam meningkatkan kesehatan Ibu dan Anak. Dalam hal pelayanan kebidanan, bidan memiliki tanggung jawab khusunya dalam memberikan asuhan yang berkualitas selama kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir dan masa antara. Asuhan kebidanan yang berkualitas merupakan inti untuk mencapai prioritas nasional dan global dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak. Sampai dengan tahun 2017 jumlah pendidikan D3 kebidanan di Indonesia meningkat  pesat  hingga  mencapai  769  institusi,  dan  diperkirakan  ada sekitar 35.000 bidan yang diluluskan setiap tahunnya. Akan tetapi, banyaknya jumlah pendidikan D3 kebidanan tidak berbanding lurus dengan kualitas layanan yang diberikan. Berdasarkan evaluasi didapatkan penyebab kematian tersebut adalah sesuatu yang dapat dicegah. Dan sebagian besar pelayanan kesehatan diberikan oleh Bidan.

Dari data di atas dapat dilihat bagaimana peran seorang bidan sangat besar dalam penentuan   derajat   kesehatan   ibu   dan   anak.   Sebagai seorang  ujung  tombak  pelayanan kesehatan   yang   profesional   maka bidan     dituntut     untuk     memiliki     kompetensi     baik pengetahuan, keterampilan maupun etika yang baik sehingga mampu memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat. Permasalahan kesehatan di Indonesia ini mendorong pengembangan ilmu dan pendidikan bidan yang siap memberikan pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan vokasi.

Tantangan dalam segi pelayanan kebidanan merupakan dampak dari kualitas pendidikan kebidanan. Perkembangan pendidikan bidan di Indonesia  kini  berkembang  sangat pesat.         

Kebutuhan akan adanya program pendidikan yang menghasilkan magister  kebidanan terkait erat dengan  Undang-  Undang  Republik  Indonesia  Nomor  14  Tahun  2005                                                                                        

 

 

Tentang  Guru  Dan  Dosen,  dimana  pada  pasal  46  ayat  2  menyatakan bahwa dosen memiliki kualifikasi akademik minimum lulusan program magister untuk program diploma atau program sarjana. Sementara saat itu, Indonesia belum mempunyai program pendidikan setingkat magister untuk kebidanan.  Hal ini ditunjang pula dengan proyeksi Depkes RI pada tahun

2002  mengenai  kebutuhan  magister  kebidanan  di  Indonesia  sampai dengan tahun 2010.

Mengacu kepada dua hal tersebut di atas, maka Universitas Padjadjaran pada tahun 2005 membentuk Tim Kajian yang bertugas untuk menelaah kemungkinan pembukaan program studi S2 Kebidanan di lingkungan  FK  Unpad.  Hasil  kajian  menunjukkkan  bahwa profesi  bidan memerlukan  tenaga  pendidik  bidan  yang  mampu  melakukan  penelitian guna mengembangkan  keilmuan  dan  meningkatkan  kualitas  pendidikan kebidanan  di  Indonesia serta mampu mengelola pelayanan kebidanan di sarana kesehatan. Survey kepada lulusan D4 Kebidanan sebagai representasi pemangku kepentingan menunjukkan bahwa terdapat minat yang tinggi pada responden untuk melanjutkan studi ke tingkat magister.

Sebagai bentuk review dan finalisasi hasil kajian, tim melakukan studi banding ke Belanda  terhadap  perguruan  tinggi  penyelenggara  Magister Kebidanan. Hal ini dilengkapi pula dengan melakukan  analisis kurikulum Magister Kebidanan yang ada di New Zealand dan Inggris. Hasil kajian kemudian dipresentasikan dan dibahas bersama lokakarya pembahasan hasil kajian mengenai visi, misi dan tujuan program studi dengan pengurus IBI Pusat,  Pemda Jawa  Barat, Pusdiknakes  dan  BPPSDM Depkes  RI, Dinas  Kesehatan Propinsi Jabar, beberapa Rumah Sakit di Jabar, dan Institusi pendidikan D3 Kebidanan.

Selanjutnya  Program  Magister  Kebidanan  ini  dibuka  berdasarkan Surat    Keputusan    Direktur    Program    Pascasarjana    Unpad    Nomor 0242a/J06.10.PPs/Kep/PP/2006

Sebagai BKU Kebidanan pada Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Selanjutnya sebagai izin operasional dikeluarkanlah SK Izin Operasional nomor 2896/D/T2007 dan program studi ini mulai dibuka pada April 2006.

 

 

Namun terkait dengan kualitas pendidik bidan sampai saat ini terus meningkat terbukti bahwa berdirinya beberapa institusi magister kebidanan selain Magister Kebidanan FK Unpad di Indonesia. Setelah mengetahui bahwa saat ini sudah ada 8 institusi Magister Kebidanan Selain magister kebidanan Unpad, PS melakukan analisa SWOT terhadap seluruh stakeholder yang terkait pada pembentukan PS ini untuk kemudian dirumuskan menjadi visi, misi dan tujuan program studi S2 Kebidanan.

  • Visi

Menjadi “Center of Ecelent” penyelenggara pendidikan    Program Studi    Magister Kebidanan yang terarah dan bermutu tinggi dalam menghasilkan Magister Bidan Pendidik yang mampu mengelola program pendidikan kebidanan dalam ruang lingkup  tridharma perguruan tinggi, terutama dalam aspek kebidanan komunitas guna memenuhi kebutuhan masyarakat tahun 2020.

  • Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian pada

masyarakat untuk menghasilkan bidan pengelola, pendidik dan peneliti yang berkualitas sesuai     kebutuhan masyarakat.

  1. Menjalankan kebijakan pendayagunaan dan pengembangan karir bidan yang terpola di Indonesia.

Melakukan kolaborasi dengan masyarakat terinstitusi serta pemangku kepentingan terkait (Puskesmas/RSIA/Rumah Sakit, Pemerintah, IBI, POGI, PPSDM, Institusi Pendidikan Bidan, AIPKIND) dalam melakukan pengembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi kebidanan guna memecahkan masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia

Struktur Organisasi

            Ketua Program Studi   : Dr. Hadi Susiarno, dr., SpOG(K)., M.Kes., MH.Kes

            Sekretariat                  : Anna Yulia, SH

                                                  Tatang Rahmat,

 

 

Staf Pengajar

DAFTAR NAMA PENGAMPU PROGRAM STUDI MAGISTER KEBIDANAN

       

Semester 1

NO

NAMA

NAMA MATA KULIAH

 

1

Prof. Dr. Johanes C. Mose, dr., SpOG(K).

Metodologi Penelitian 2

Koordinator MK Metode Penelitian 2

2

Prof. Dr. Firman F Wirakusumah,dr.,SpOG(K)

Metodologi Penelitian 2

Koordinator MK Metode Penelitian 2

3

Dr. Hadyana Sukandar,Drs.,MSc

Biostatistik 2

Koordinator MK Biostatistik 2

4

Bony Wiem Lestari,dr.,MSc

Telaah Jurnal

Koordinator MK Telaah Jurnal

5

Prof. H. Herry Garna,dr.,SpA(K).,PhD

Penulisan Karya Ilmiah

Koordinator MK Penulisan Karya Ilmiah

6

Dr. Anita Deborah Anwar,dr.,SpOG(K)

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Koordinator MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

7

Dr. Vita Murniati Tarawan,dr.,SpOG.,M.Kes.,AIFO.,SH

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

8

Ahmad Yogi Pramartita

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

9

Dr. Ruswana Anwar,dr.,SpOG(K)

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

10

Eppy Darmadi Achmad,dr.,SpOG.,M.Kes

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

11

Setyorini Irianti,dr.,SpOG(K)

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

12

Dini Pusianawati, dr., SpOG(K).

Obstetri dan Ginekologi Terkini

Tim Pengampu MK Obstetri dan Ginekologi Terkini

13

Dr. Farid, Ir, dr., SpOG(K)., M.Kes., MH.Kes.

Pengembangan Kebidanan Komunitas

Koordinator MK Pengembangan Kebidanan Komunitas

14

Prof. Dr. H. Dasim Budimansyah, SPd., Msi.

Pengembangan Kebidanan Komunitas

Tim Pengampu MK Pengembangan Kebidanan Komunitas

15

Prof. Dr. Dinan. SB,dr.,SpOG(K)

Pengembangan Kebidanan Komunitas

Tim Pengampu MK Pengembangan Kebidanan Komunitas

16

Kuswandewi Mulyana,dr.,MSc

Pengembangan Kebidanan Komunitas

Tim Pengampu MK Pengembangan Kebidanan Komunitas

17

Dr. Henni Djuhaeni, dr., MARS

Pengembangan Kebidanan Komunitas

Tim Pengampu MK Pengembangan Kebidanan Komunitas

 

Semester 2

NO

NAMA

NAMA MATA KULIAH

 

18

Prof. Dr. H. Juntika Nurhasan,MPd

Psikologi Pendidikan

Koordinator MK Psikologi Pendidikan

19

Witriani, S.Psi., Psikolog., M.Psi., Ed.S.

Psikologi Pendidikan

Tim Pengampu MK Psikologi Pendidikan

20

Ike Husen,dr.,M.Kes

Pengembangan Kurikulum

Koordinator MK Pengembangan Kurikulum

21

Prof. Dr. H. Ishak Abdulhak, M.Pd.

Pengembangan Kurikulum

Tim Pengampu MK Pengembangan Kurikulum

22

Prof. Dr. Endang Sutedja,dr.,SpKK(K)

Metode Pembelajaran

Koordinator MK Metode Pembelajaran

23

R. Angga Kartiwa,dr.,SpM.,M.Kes

Metode Pembelajaran

Tim Pengampu MK Metode Pembelajaran

24

Puspa Sari, SST.,M.Keb.

Metode Pembelajaran

Tim Pengampu MK Metode Pembelajaran

25

Dr. Budi Susetyo, M.Pd

Penilaian dan Evaluasi

Koordinator MK Penilaian dan Evaluasi

26

Dr. Eka Prihartin, M.Pd

Administrasi Pendidikan

Koordinator MK Administrasi Pendidikan

27

Prof. Dr. Firman F Wirakusumah,dr.,SpOG(K)

Pengembangan Asuhan Kehamilan

Koordinator MK Pengembangan Asuhan Kehamilan

28

Dr. Hadi Susiarno,dr.,SpOG(K).,M.Kes.,MH.Kes

Pengembangan Asuhan Kehamilan

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Kehamilan

28

Dr. Hadi Susiarno,dr.,SpOG(K).,M.Kes.,MH.Kes

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Koordinator Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

29

Dr. Farid, Ir, dr., SpOG(K)., M.Kes., MH.Kes.

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

30

Dr. Adhi Pribadi, dr., SpOG(K).

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

31

Prof(Purn). Dr. Tuti Wahmurti,dr.,SpKJ(K)

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

32

Ahmad Rizal,dr.,SpS(K).,PhD

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

33

Dr. Dzulfikar DLH, dr., SpA(K)., M.Kes.

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

34

R. Mas Sonny Sasotya,dr.,SpOG(K)

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Persalinan dan BBL

35

Prof. Dr. Jusuf S. Effendi,dr.,SpOG(K)

Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

Koordinator MK Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

 

 

Semester 2

36

Muchammad Alamsyah,dr.,SpOG(K).,M.Si

Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

37

Amalia Sidiq,dr.,SpOG(K).,M.Si

Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

38

Dr. Meita Dhamayanti, dr., Sp A(K)., M. Kes

Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

Koordinator MK Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

39

Dr. Dwi Prasetyo,dr.,SpA(K).,M.Kes

Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

40

Dr. Tetty Yuniarti,dr.,SpA(K).,M.Kes

Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

41

Prof. Dr. Dida Gurnida,dr.,SpA(K).,M.Kes

Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

Tim Pengampu MK Pengembangan Asuhan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

42

Dr. Ruswana Anwar,dr.,SpOG(K)

Pelayanan Keluarga Berencana

Koordinator MK Pelayanan Keluarga Berencana

43

Dr. Wiryawan Permadi, dr., Sp OG(K)

Pelayanan Keluarga Berencana

Tim Pengampu MK Pelayanan Keluarga Berencana

44

Dr. Tita Husnitawati Madjid, dr., Sp OG(K)

Pelayanan Keluarga Berencana

Tim Pengampu MK Pelayanan Keluarga Berencana

45

Dian Tjahyadi,dr.,SpOG(K)

Pelayanan Keluarga Berencana

Tim Pengampu MK Pelayanan Keluarga Berencana

46

Anita Rachmawati,dr.,SpOG(K)

Pelayanan Keluarga Berencana

Tim Pengampu MK Pelayanan Keluarga Berencana

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu memahami sistem informasi kesehatan dan kebidanan serta mampu mengkomunikasikannya kepada masyarakat
  2. Mampu mengelola program pendidikan bidan atau program kesehatan ibu dam anak di Indonesia
  3. Mampu melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik secara profesional pada institusi pendidikan bidan
  4. Mampu melakukan penelitian ilmiah bekerjasama sengan bidang keilmuan lain dalam rangka pengembangan pendidikan dan pelayanan kebidanan di Indonesia
  5. Mampu menyusun tesis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dan membuat publikasi tulisan ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi yang mendapat pengakuan nasional dan atau internasional
  6. Mampu melakukan program kemitraan dengan stakeholder dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kebidanan untuk memecahkan masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia
  7. Mampu mengembangkan asuhan kebidanan berbasis kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi

Kurikulum

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Pendidikan Program Studi (Prodi) Magister (S-2) di lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester yang diukur dengan Satuan Kredit Semester (sks). Pertimbangan beban studi didasarkan atas:

  1. Permenristekdikti No. 44/2015 mengenai Standar Nasional (SN) Pendidikan Tinggi Beban studi bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) atau sebidang paling lama 4 (empat) tahun akademik dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks
  2. Surat Edaran Kemenristekdikti No. 444/B/SE/2016 mengenai Implementasi SN Dikti mengenai kewajiban publikasi mahasiswa program magister wajib menerbitkan makalah (karya ilmiah penelitian) di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (minimal Q4) hal ini ditujukan untuk mengomunikasikan hasil penelitian kepada masyarakat luas untuk menjadi dasar penelitian lanjutan di masa depan, meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi pada skala nasional dan internasional.
  3. Peraturan Rektor Unpad No. 50/2016 mengenai pedoman pendidikan magister di lingkungan Universitas Padjadjaran tanggal 30 Desember 2016
    1. Beban studi kumulatif pendidikan magister 36-46 sks dengan masa studi terjadwal 4-5 semester.
    2. Memiliki 1 (satu) artikel ilmiah yang telah dipublikasikan sesuai persyaratan kelulusan.

 

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah(1)

Bobot SKS

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

(1)

(2)

(3)

(4)

(6)

 

Mata Kuliah Bersama

I

UNC20-20101

Filsafat Ilmu

1

Pascasarjana FKUP

C20I.001

Epidemiologi Kedokteran

1

Pascasarjana FKUP

C20I.002

Metode Penelitian

1

Pascasarjana FKUP

C20I.003

Biologi Molekuler

1

Pascasarjana FKUP

C20I.004

Biostatistik

1

Pascasarjana FKUP

C20I.005

Konsep Umum Penyakit

1

Pascasarjana FKUP

 

Penulisan Artikel Ilmiah

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Metode Penelitian Kuantitatif

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Biostatistik dalam Penelitian Kebidanan

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Telaah Jurnal

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Mata Kuliah Khusus Prodi

 

Pendukung Penulisan Proposal

 

Metode Penelitian Kualitatif

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Teknik Pembuatan dan Analisis Instrumen Penelitian/Kuisioner

1

S2 Kebidanan FKUP

 

EBM (Evidence Based Medicine) dalam Praktik Kebidanan

1

S2 Kebidanan FKUP

 

Mata Kuliah Dasar Kebidanan

C20I.007

Pengembangan Kebidanan Komunitas

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.008

Obstetri dan Ginekologi Terkini

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.010

Psikologi Pendidikan

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.011

Curriculum Design and Development

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.012

Teaching and Learning Strategis

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.013

Assesment and Evaluation

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.014

Educational Administration

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.009

Pengembangan Asuhan Kehamilan

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.015

Pengembangan Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.016

Pengembangan Asuhan Nifas dan Menyusui

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.017

Pengembangan Asuhan Neonatus, Bayi, dan Balita

2

S2 Kebidanan FKUP

C20I.018

Pelayanan Keluarga Berencana

2

S2 Kebidanan FKUP

III & IV

C20I.019

Seminar Usulan Penelitian

1

S2 Kebidanan FKUP

 

 

Penelitian dan Penulisan Tesis

6

S2 Kebidanan FKUP

Total SKS

44