LAPORAN PERJALANAN GUNMA-PADJADJARAN EXCHANGE 2020

Senin, 24-Februari-2020 101 viewer

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Program pertukaran pelajar Gunma-Padjadjaran Exchange merupakan program yang sudah berlangsung selama turun-temurun sejak lebih dari 20 tahun yang lalu antara Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan Fakultas Kedokteran Gunma University. Sudah diakui pula bahwa Jepang merupakan negara yang dapat disoroti dalam hal perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi. Saling bertukar informasi mengenai kurikulum dan kemahasiwaan, profil kesehatan, dan hal informatif lainnya dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam rangka mengambil langkah perbaikan ke depan. Selain itu, saling memperkenalkan kebudayaan akan menjaga persahabatan bilateral Indonesia-Jepang, memelihara hubungan harmonis Unpad-Gunma dan membangun kolegalitas kita sebagai teman sejawat. Program ini dapat membuka mata dan pikiran kita  tentang perkembangan di Jepang.  Kebiasaan dan budaya baik apa saja yang dilakukan oleh orang Jepang sampai bisa semaju sekarang, tentu perlu kita pelajari.

 

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dilaksanakannya Gunma-Padjadjaran Exchange adalah:

  • Memperkenalkan Universitas Padjadjaran ke dunia Internasional, khususnya Jepang.
  • Mengetahui gambaran kegiatan akademik dan kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Gunma untuk dapat mengambil nilai positif sehingga dapat menjadi perbandingan dan masukan bagi akademik dan kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
  • Membawa misi pendidikan dan kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa Barat.
  • Membangun dan menjaga hubungan baik dengan civitas akademika dari Fakultas Kedokteran Gunma University.
  • Memacu mahasiswa FK Unpad untuk berprestasi baik dalam akademik maupun kemahasiswaan.
  • Meningkatkan pengetahuan tentang teknologi kedokteran modern dari Negara  Jepang.

 

C. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan Gunma-Padjadjaran Exchange ini dilaksanakan pada:

Tanggal: 9 Januari 2020 – 18 Januari 2020

Tempat: Prefektur Gunma dan Tokyo, Jepang.

 

D. Peserta

Kegiatan ini diikuti oleh 4 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang bernama:

  1. Adeela Sandria Fitri Aini         NPM 130110170037
  2. Siti Silvia Nur Shofa                NPM 130110180048
  3. Namira Assyfa Nurazizah        NPM 130110170016
  4. Nurul Mufliha Patahudin         NPM 130110180182

Serta 4 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gunma University yang bernama:

  1. Emi Handa                               NPM 15201079
  2. Yuka Hirokami                                    NPM 15201080
  3. Toshihiro Miyamoto                NPM 15201099
  4. Koki Shigano                           NPM 15201044

 

 

 

 

 

ISI LAPORAN PERJALANAN

A. Rincian Perjalanan

Pada hari Kamis, 9 Januari 2020, kami berangkat menuju Jepang menggunakan pesawat Air Asia dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Kami berangkat pada pukul 16.35 WIB. Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam, karena kami melakukan transit terlebih dahulu di Bandara Don Mueang, Bangkok. Kemudian kami melanjutkan perjalanan pada pukul 02.30, dan sampai di Bandara Narita, Tokyo pada tanggal 10 Januari 2020, pukul 10.45. Sesampainya di bandara, kami dijemput oleh 4 delegasi dari Fakultas Kedokteran Gunma University yaitu Emi Handa, Yuka Hirokami, Toshihiro Miyamoto dan Koki Shigano. Dari bandara, kami menaiki kereta menuju ke Stasiun Ueno. Setelah itu, kami menuju ke penginapan untuk meletakkan barang-barang. Selanjutnya, kami melakukan kunjungan ke Museum Nasional Tokyo dan berjalan-jalan di sekitar Ueno.

Hari berikutnya, Sabtu, 11 Januari 2020, kami mengunjungi Jalan Takeshita, Harajuku. Setelah itu kami mengunjungi Team Lab Future Park.

Pada hari Minggu, 12 Januari 2020, kami berkunjung ke Senso-Ji Temple yang terletak di Asakusa, Taito. Selanjutnya kami berkunjung ke Tokyo Skytree. Lalu kami naik kereta cepat Shinkansen dari Tokyo menuju ke Prefektur Gunma. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit.

Keesokan harinya, Senin, 13 Januari 2020, kami berkunjung ke Karuizawa Ski Resort dan bermain ski disana.

Hari berikutnya, Selasa 14 Januari 2020, kami mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gunma. Kami bertemu dengan Dekan Fakultas Kedokteran Gunma University dan Professor Koyama. Selanjutnya kami menghadiri lecture kardiologi dan mempelajari tentang elektrokardiogram. Malamnya, kami menghadiri Welcoming Party yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Gunma. Welcoming Party dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gunma, Professor Koyama, Suzuki-sensei sebagai pencetus pertama program Gunma-Padjadjaran Exchange, dan juga dihadiri oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Gunma University. Kami memberikan souvenir dompet dan dasi kepada para tamu yang hadir. Kami juga menampilkan 2 tarian Nusantara, yaitu Tari Jaipong dan Tari Yamko Rambe Yamko.

Pada hari kelima, Rabu, 15 Januari 2020, kami berkunjung ke pabrik Nihon Kohden, dimana pabrik tersebut merupakan pabrik yang terkenal memproduksi alat-alat medis, khususnya Automated External Defibrillator (AED). Selanjutnya kami mengunjungi Tomioka Silk Mill yang merupakan pabrik sutra modern tertua di Jepang, dan merupakan UNESCO World Heritage Site. Malam harinya, kami memasak shabu-shabu atau biasa disebut Nabe bersama di rumah Emi Handa. Setelah itu, kami juga berkesempatan untuk mencoba pakaian khas Jepang yang bernama Yukata.

Hari keenam, Kamis, 16 Januari 2020, kami mengunjungi Gunma University Hospital. Kami mengunjungi Departemen Bedah Saraf dan Laboratorium Endokrinologi. Kami juga melaksanakan presentasi yang dipandu oleh blabla sensei sebagai moderator. Kami mempresentasikan tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS, sementara delegasi dari Gunma University mempresentasikan tentang Heavy Ion Medicine. Setelah itu, kami melakukan diskusi dan tanya jawab. Presentasi dihadiri oleh beberapa mahasiswa Gunma University. Malamnya, kami menghadiri Welcoming Party lagi untuk kedua kalinya. Kami membagikan souvenir dompet kepada para tamu dan melakukan hanya 1 tarian Nusantara, yakni Tari Jaipong.

Hari berikutnya, Jum’at, 17 Januari 2020, kami mengunjungi Departemen Radiologi di Gunma University Hospital. Kami mendapat kesempatan untuk melihat alat-alat radiologi seperti MRI dan CT. Selanjutnya, kami mengunjungi Heavy Ion Medical Center. Heavy Ion Medicine ini kemudian akan digunakan dalam terapi dan pengobatan kanker. Malam harinya, kami menghadiri Farewell Party yang diselenggarakan oleh Professor Koyama. Kami memasak spaghetti dengan berbagai macam bumbu; bolognaise, carbonara, dan seafood. Farewell party dihadiri oleh beberapa mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Jepang yang belajar di Gunma University. Pada akhir acara, Professor Koyama memanggil nama kami satu persatu dan memberikan sertifikat sebagai tanda sudah menjadi delegasi Gunma-Padjadjaran Exchange 2020.

Pada hari terakhir, Sabtu, 18 Januari 2020, waktunya kami pulang ke Indonesia. Kami menaiki bis pada pukul 5.20 dari stasiun Maebashi, dan langsung menuju ke Bandara Haneda, Tokyo. Kami menaiki pesawat Garuda Indonesia. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 5 setengah jam. Pesawat kami berangkat pada pukul 11.45, dan langsung mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 17.15.

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

A. Kesimpulan

   Program Gunma - Padjadjaran Exchange ini merupakan program yang bermanfaat yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Unpad dan Universitas Gunma. Selain menjadi tanda adanya hubungan baik antara kedua universitas, program ini juga memberi kesempatan pada mahasiswa Universitas Padjadjaran untuk belajar lebih banyak dan memperluas wawasan dan relasi. Program ini selalu diadakan setiap tahun, pada tahun ini program exchange ini telah berjalan lancar.

B. Saran

           Karena program exchange ini merupakan salah satu gerbang bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad untuk belajar dan membuka wawasan, maka sebaiknya program exchange ini tetap dipertahankan. Selain itu, dokumen kerja sama pertukaran pelajar antara Unpad dan Universitas Gunma juga harus diperjelas. Terutama mengenai kurikulum materi yang akan dipelajari oleh delegasi selama berada di Jepang.


Pengumuman lainnya...

0 0000
00