Coaching Clinic Hibah Rispro Kompetitif 2020

Senin, 03-Februari-2020 45 viewer


Coaching Clinic Hibah Rispro Kompetitif 2020

Pusat Studi Fakultas Kedokteran Unpad mengadakan pelatihan / pembimbingan tata cara membuat proposal untuk memperoleh hibah penelitian dari Dikti yaitu Hibah Rispro Kompetitif 2020. Acara ini yang bertajuk Coaching Clinic Hibah Rispro Kompetitif 2020 diselenggarakan pada hari Kamis dan Jum’at  tanggal 23-24 Januari 2020 bertempat di Auditorium Lt.2 Gd. RSP Jl. Eijkman No.38 Bandung.

 Prof. Rovina Ruslami,dr.,Sp.PD.,PhD., sebagai pemrakarsa acara berharap para peneliti Fakultas Kedokteran Unpad bangkit dan giat dalam melaksanakan penelitian. Prof. Rovina sebagai peneliti senior dan sekarang sebagai reviewer ingin agar penelitian di Unpad dan di Fakultas Kedokteran khususnya dapat maju dan bersaing dalam memperoleh Hibah khususnya Hibah Rispro Kompetitif yang diadakan oleh Dikti tiap tahun. Sebagai Reviewer, Prof. Rovina memberikan tips dan trik bagaimana menyusun proposal agar lolos oleh tim reviewer.

Kali ini adalah yang ke-2 kalinya acara ini diadakan dari jumlah peminat yang ikut kompetisi setelah mengikuti coaching telah mengalami peningkatan dari yang pada batch I-2019 jumlah yang ikut untuk sekema invitasi  9, pemaparan 3  dan yang didanai 1, untuk batch II submit  29, pemaparan 24  dan yang didanai 6   dan untuk skema kompetitif yang submit batch I 2 , batch II  submit 1, pemaparan 1 dan didanai 1. Untuk itu setelah adanya coaching ini diharpkan yang submit bertambah.  

Peneliti yang berhasil memperoleh hibah  LPDP RISPRO INVITASI  Batch I-2019 pada sesi kali ini memaparkan pengalamannya dan tips-tips nya  bagaimana agar proposalnya bisa lolos oleh reviewer. Mereka adalah  Dr. Veranita Pandia,dr.,SpKJ(K).,M.Kes dengan judul penelitiannya Strategi Pencegahan Bunuh Diri Berbasis Institusi Pendidikan.

Dr. Veranita menyarankan  jangan terlalu berharap untuk lolos agar tidak kecewa. Anggap saja ini sebagai proses belajar demikian kata Dr. Veranita. Dalam sharing pengalaman ini Dr. Veranita menganggap bahwa semua yang dia dapatkan merupakan karunia Allah, karena dia menganggap bahwa dia tidak punya pengalaman sebelumnya.

Selain Dr. Veranita yang mendapatkan hibah Rispro adalah Astrid Feinisa Khairani, dr.,M.Kes.,PhD  dari divisi Biologi sel, Departemen Ilmu Kedokteran Dasar FK Unpad. Penelitiannya dibidang makanan dan minuman dengan judul Yogurt Berbasis Ubi Jalar Ungu (Ipomoes batatas ) : Eksplorasi Uji Pra Klinik sampai Klinik Fase 2 Produk Minuman Fungsional bagi Individu Dislipidemia,  berhasil memperoleh dana hibah Rispro Invitasi Batch I-2019.

Dalam kesempatan tersebut para ketua pusdi juga memaparkan kegiatan pusdi masing-masing diantaranya dari pusdi onkologi, Dr.med dr. Hasan Bashari, M.Kes menjelaskan kegiatan penelitian di pusdi onkologi. Pemaparan tersebut untuk menarik minat para peneliti, dibidang mana mereka akan melakukan penlitian sudah ada wadahnya yaitu  grup-grup peneliti dimana mereka akan ikut bergabung.[SK-Humas].


Berita lainnya...

Feb 2020
13