Fakultas Kedokteran Unpad di Kancah Dunia: Posisi 551- 600 “World University Rank by Subject“

Kamis, 05-Maret-2020 148 viewer


Fakultas Kedokteran Unpad di Kancah Dunia: Posisi 551- 600  “World University Rank by Subject “

 

Untitled.jpgSejalan dengan visi Universitas Padjadjaran (Unpad), Fakultas Kedokteran Unpad menetapkan visi 500 besar dunia dalam bidang kedokteran, tanpa melupakah misi mulia kemaslahatan bagi masyarakat. Terkait visi ini, rilis dari World University  “Rank by Subject “ bidang Kedokteran tahun 2020 menyatakan peringkat FK Unpad di posisi  551-600 dan menempati posisi 3 di Indonesia. 

Perankingan ini  berdasarkan pada penilaian parameter reputasi akademik (40%), reputasi pengguna (10%)  H-index (25%) dan sitasi per karya ilmiah (25%).  FK Unpad meraih nilai 51 untuk parameter reputasi akademik, 61,9 untuk parameter reputasi pengguna, 53 untuk H-index, dan 50,8 untuk sitasi per karya ilmiah. 

Dari hasil ini terlihat bahwa pengakuan pengguna terhadap lulusan FK Unpad sudah baik, termasuk pengguna lulusan dari institusi luar negeri.  H-index juga memperlihatkan nilai yang baik,  menunjukkan kualitas individu dalam menghasilkan karya ilmiah.  Selanjutnya, karya ilmiah bereputasi ini disitasi oleh peneliti lain baik dari dalam maupun luar negeri.  Reputasi akademik yang baik dari FK Unpad, dihasilkan selain dari kualitas individu dan karya ilmiah, juga berkat kerja sama pendidikan dan penelitian terutama dengan mitra luar negeri.

Hasil yang saat ini dicapai tidak lepas dari peta jalan  (road map) FK Unpad itu sendiri, yaitu sejalan dengan  “grand design”  Unpad.  Hasil yang telah dicapai ini menjadikan  FK Unpad telah berkembang dari FK yang berkualitas,  dan menjadi pelopor pengembangan pendidikan kedokteran,  baik dalam tataran kebijakan maupun praktek inovatif, menjadi institusi yang fokus dalam riset terutama bidang infeksi, onkologi dan herbal. Fasilitasi untuk pelaksanaan riset telah disediakan oleh universitas.

Dengan capaian ini, tercipta kerja sama pendidikan dan riset dengan mitra luar negeri yang telah berjalan secara berkesinambungan dan menghasilkan luaran dan dampak pendidikan dan riset untuk kemaslahatan. 

Tantangan ke depan adalah untuk mendukung berbagai program unggulan universitas yang termuat dalam Sapta Karsa Unpad.  Berbagai unit kerja di FK Unpad sesuai dengan tugas fungsi masing-masing telah mengetahui penetapan fokus kegiatan.  Sebagai contoh, Departemen mengawal pencapaian target Satu Departemen Satu Pakar Dunia (Sadepa), dan Satu Dosen Satu Publikasi internasional (Sensasi). 

Departemen diharapkan dapat melakukan pemetaan (mapping)  riset dan perolehan hibah kompetitif, kerja sama riset dalam dan luar negeri, serta memfasilitasi mobilitas akademik dosen.  Sementara  Program Studi mempunyai tugas pengembangan satu mahasiswa satu prestasi, pengembangan penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi internasional, serta hubungan alumni yang terjaga untuk kemaslahatan alumni terhadap masyarakat. Pusat Studi, sebagai unit khusus untuk pelaksanaan riset dan pengabdian masyarakat, perlu lebih mengkoordinasikan sumber daya di Departemen dan Program Studi untuk inisiasi dan pengembangan kerja sama.

Dengan sinergisme antar unit kerja internal FK Unpad dan harmonisasi bersama mitra strategis baik di FK Unpad sendiri, universitas, maupun eksternal, FK Unpad optimis menatap masa depan yang lebih baik, sehingga visi 500 besar dunia dalam waktu tidak terlalu lama, mendahului target Renstra, dapat tercapai.  Insya Allah.

Selamat untuk semua sivitas akademika, tenaga kependidikan, alumni FK Unpad atas kerja keras dan kerja cerdasnya membuat FK Unpad berada pada posisi terhormat di pentas dunia saat ini.  Ayo terus maju, vivat academia.2f6d1c7c-8cf2-4c52-b9cb-7b66e95eb1a2.jpg


Berita lainnya...