INCOMING DELEGASI GUNMA - PADJADJARAN EXCHANGE 2020

Selasa, 25-Februari-2020 168 viewer


Laporan Incoming Delegasi GUNMA EXCHANGE 2020

 

Selain delegasi dari Unpad yang mengunjungi GUNMA, empat orang delegasi dari Gunma University juga mengunjungi Unpad dan Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk mengikuti berbagai kegiatan dan pembelajaran. Ke-empat delegasi tersebut adalah Emi Handa, Yuka Hirokami, Toshihiro Miyamoto, dan Koki Shigano. Mereka semua adalah mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Gunma University tahun ke – 5.

Delegasi tersebut di Indonesia selama 10 hari (dari tanggal 18 – 27 Januari 2020). Bersama dengan para mahasiswa delegasi dari Unpad, mereka berkegiatan dan menikmati wisata di Jakarta selama 2 hari. Mengunjungi Jakarta Aquarium , Museum Nasional, dan juga Monumen Nasional. Setelah itu, delegasi gunma tinggal di Bandung untuk mengikuti kegiatan akademik. Para delegasi pun menginap di Unpad Training Centre.

Saat delegasi Gunma sampai di Bandung, pihak Unpad pun mengadakan Welcoming Party  untuk menyambut kedatangan mereka. Terdapat penampilan dan presentasi dari delegasi Gunma mengenai kebudayaan Jepang. Acara ini dihadiri oleh para dokter alumni gunma, dosen dan dokter Fakultas Kedokteran Unpad, serta para mahasiswa alumni Gunma-Padjadjaran exchange tahun sebelumnya. Beberapa mahasiswa Pendidikan Dokter Unpad tahun 2019 dan 2018 pun turut hadir dan memeriahkan acara ini

Di Bandung, delegasi Gunma dan mahasiswa Unpad yang menjadi delegasi exchange ini pun melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin. Mereka mengunjungi beberapa departemen, diantaranya adalah Ilmu Bedah, Ilmu Bedah Saraf, Ilmu Penyakit Dalam, Pediatri, dan Radiologi. Selama melakukan kunjungan di RSHS, para delegasi mendapat banyak penjelasan mengenai sistem kesehatan, penyakit dan penanganannya, serta fasilitas yang tersedia di RSHS, dan juga melakukan hospital tour. Selain itu, mereka juga berkunjung ke Puskesmas Pasirakaliki di Bandung untuk mengetahui sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia.

Tidak hanya melakukan kunjungan akademik di Rumah Sakit Hasan Sadikin, delegasi juga melakukan kunjungan ke Unpad Kampus Jatinangor dan juga mengunjungi Lab Sentral Unpad. Tak lupa, selama di Bandung, para delegasi mencicipi berbagai macam makanan Indonesia, serta dikenalkan dengan adat budaya Indonesia, salah satunya dengan mengunjungi tempat budaya yakni Saung Angklung Mang Udjo di Bandung. Para delegasi sempat mencoba memainkan Angklung dan bernyanyi bersama. Selain itu, beberapa tempat wisata di Bandung juga sempat dikunjungi, seperti Kawah Putih, Batik Komar, Alun-Alun Bandung, Orchid forest lembang, dan juga Farmhouse.

Pada tanggal 27 Januari 2020, delegasi gunma pun pulang kembali ke Jepang. Mereka diantar oleh empat mahasiswa delegasi dari Unpad. Banyak sekali pengalaman baru yang dirasakan oleh para delegasi dari Gunma maupun Unpad.


Berita lainnya...

0 0000
00