Diskusi Internal Kearsipan Fakultas Kedokteran Unpad di masa Pandemi covid-19

Kamis, 18-Juni-2020 614 viewer

DISKUSI INTERNAL KEARSIPAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNPAD

DI MASA PANDEMI COVID-19

 

3 (tiga) bulan lebih sudah lamanya kita melakasanakan Work form Home (WFH) sesuai anjuran dari Pemerintah. Di masa Pandemi Covid-19, semua rencana kerja tidak berjalan dengan baik. Akan tetapi bagi Arsiparis Fakultas Kedokteran Unpad, tidak menggoyahkan rencana kerjanya untuk melaksanakan diskusi internal kearsipan.

Tantangan-tantangan yang dihadapi oleh arsiparis pada masa Pandemi Covid-19, diantaranya harus tetap melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai Jabatan Fungsional Arsiparis (JFA) salah satunya adalah menjaga arsip-arsip yang ada di Record Center 2 yang terletak di Gedung C1 Lantai 2 Fakultas Kedokteran Unpad-Jatinangor, dan arsip-arsip yang ada di setiap unit kerja lainnya. Selain itu juga, harus siap dengan segala perubahan yang cepat dan penguasaan ilmu kearsipan untuk menghadapi situasi dan kond

isi kearsipan di FK Unpad.

 

 

 

 

 

9 Juni 2020, Arsiparis FK melaksanakan diskusi internal kearsipan di Ruang rapat C1 Lantai 2 Fakultas Kedokteran Unpad kampus Jatinangor, di hadiri oleh perwakilan arsiparis dari berbagai tingkatan jabatan fungsional arsiparis. Diskusi internal ini bertujuan untuk mendorong atau memberi motivasi kepada rekan kerja membuat suatu inovasi karya ilmiah untuk pencapaian target IKK Dekan FK Unpad, yaitu Satu Tendik dengan Satu Karya (SADIKDAYA). Selain itu juga, untuk mengurangi kejenuhan selama WFH. Kegiatan ini tetap melakukan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, seperti memakai masker, antar perserta diskusi berjarak 1 (satu) meter, dan menggunakan Hand Sanitizer.

Narasumber pada diskusi ini adalah Devivi Hafidah, dari unit Pusat Studi Imunologi. Sebagai moderator adalah Agus Erdina, dari Departemen Ilmu Kedokteran Dasar, yang dipimpin oleh Koordinator Arsiparis Fakultas Kedokteran Unpad yaitu Dudi Suyatna. Diskusi internal ini merupakan tantangan bagi arsiparis di masa Pandemi Covid-19. Diskusi ini tetap dilaksanakan demi tercapaikan kemajuan RC 2 Fakultas Kedokteran Unpad.

 

 
 

 

 

 

 

 

Pengelolaan arsip di lingkungan FK Unpad belum bisa tertata rapi, karena fasilitas Record Center (RC) 2 di Fakultas Kedokteran belum sesuai dengan standar berdasarkan Perka ANRI No. 31 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembentukan Depot Arsip. Itu yang disampaikan oleh narasumber. Harapan Devivi, ingin membangun RC 2 sesuai dengan PERKA tadi. Tujuannya supaya arsip-arsip di setiap unit kerja tidak bertumpuk, tidak berdebu. Proses Penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, serta penyusutan arsip itu merupakan proses pengelolaan arsip dinamis. Tambah Devivi.

Harapan tersebut didukung oleh koordinator Arsiparis Fakultas Kedokteran. “Saya mendukung apa yang sudah disusun dalam proposal ini. Semoga berhasil dan di setujui oleh Pimpinan Fakultas Kedokteran”, tutur Dudi Suyatna. Koordinator Arsiparis juga mengungkapkan bahwa rencana ke depan pasca Pandemi Covid-19, Arsiparis FK Unpad akan lebih banyak mengadakan kegiatan yang bersifat edukasi pengelolaan arsip ke unit-unit kerja di lingkungan Fakultas Kedokteran Unpad.

Walau tidak terlalu banyak yang hadir, tetapi diskusi internal ini banyak manfaat bagi tendik yang memiliki Jabatan Fungsional Arsiparis. Dapat memberikan pencerahan untuk terus berkarya, dan berinovasi.(.Dvv).HMS


Artikel lainnya...

Nov 2019
07