Majalah Kedokteran Bandung (MKB)

Majalah Kedokteran Bandung (MKB) adalah publikasi bulanan yang menggunakan sistem peer review untuk seleksi majalah. MKB menerima artikel penelitian asli yang relevan dengan bidang kesehatan, kedokteran, dan ilmu kedokteran dasar di Indonesia. MKB juga memuat tinjauan pustaka, laporan kasus, penyegar ilmu kedokteran, tinjauan buku baru, ceramah, dan surat kepada redaksi.
  1. Artikel Penelitian: Berisi artikel mengenai hasil penelitian asli dalam ilmu kedokteran dasar maupun terapan, dan subjek kesehatan pada umumnya. Format terdiri atas: Pendahuluan, Bahan dan Cara (Subjek dan Metode), Hasil Penelitian, dan Pembahasan.
  2. Tinjauan Pustaka: Merupakan kaji ulang artikel (review) mengenai masalah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir. Format terdiri atas: Pendahuluan, Isi, Ringkasan, dan Kesimpulan.
  3. Laporan Kasus: Berisi artikel tentang kasus di klinik yang cukup menarik dan baik untuk disebarluaskan di kalangan sejawat lainnya. Format terdiri atas: Pendahuluan, Laporan Kasus, dan Pembahasan.
  4. Penyegar Ilmu Kedokteran: Berisi artikel yang mengulas pelbagai hal lama tetapi masih up to date dan perlu selalu diingat. Format: Seperti Tinjauan Pustaka.
  5. Ceramah: Tulisan atau laporan yang menyangkut dunia kedokteran dan kesehatan yang perlu disebarluaskan. Format: Sesuai dengan naskah asli.
  6. Editorial: Berisi artikel yang membahas berbagai masalah Ilmu kedokteran dan kesehatan yang dewasa ini sedang menjadi topik di kalangan kedokteran dan kesehatan. Format: Ditentukan oleh redaksi.
  7. Tinjauan Buku: Ulasan mengenai buku tentang Ilmu kedokteran dan kesehatan sebagai informasi bagi calon pembaca atau pengguna buku tersebut. Format: Ditentukan oleh redaksi.
  8. Surat kepada Redaksi: Sarana komunikasi pembaca dengan redaksi dan pembaca lain. Berisi komentar, sanggahan, atau opini mengenai isi artikel MKB sebelumnya atau usul untuk selanjutnya.

Sumber : Majalah Kedokteran Bandung