pengumuman

The 5th Bandung International Biomolekular Medicine Conference and The 2nd Annual Meeting Indonesian Society of Human Genetics (InaSHG)

Snapshot_78.pngFakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menyelenggarakan konferensi  kesehatan terintegrasi  yang dilaksanakan  pada tanggal 3 dan 4 Oktober  tahun 2018. Acara yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Bandung itu dimotori oleh Departemen Ilmu Kedokteran Dasar dari Unit Biokimia, sebagai chairman atau ketua panitia  adalah Prof. Ramdan Panigoro, dr., M.Sc., PhD., dihadiri oleh para Ilmuwan dan pakar kelas dunia dibidang biomolekuler dari berbagai Negara . Melalui acara yang digagas pertama kali oleh Prof. M. Nurhalim Shahib, MD., ini , mereka bertemu dan mendiskusikan berbagai macam  penyakit dan hasil penelitian mereka ditingkat biomolekuler yaitu penyakit yang secara genetika diakibatkan oleh kelainan genetik atau akibat mutasi genetik.  Acara dihadiri pula oleh  Rektor Universitas Padjadjaran, Prof.Med. Tri Hanggono Achmad,MD.,  serta Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr. Med. Setiawan, dr.,AIFM.

Tema konferensi yang diadakan tiap tahun, kali ini adalah Genetic Update in Preventiaon, Diagnostic and Disease Treatment atau Genetika update dalan Pencegahan, Diagnosa dan Tata Laksana Penyakit. Dalam acara ini Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Mahidol University, University of Philiphines dan University Sains Malaysia.

Kerjasama strategis dalam bidang penelitian genetika telah lama memiliki peran kunci dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Kali ini para ilmuwan dan peneliti dari berbagai Negara hadir untuk mendiskusikan dan mendiseminasi hasil penelitian mereka dibidang kesehatan yang diharapkan mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia.

Snapshot_71.pngDalam sesi diskusi Infectious Disease dipaparkan hasil penelitian mengenai penyakit infeksi yang masih menjadi problem kesehatan di Indonesia. Dengan dimoderatori oleh seorang ahli yang banyak melakukan penelitian dibidang penyakit Tuberkolusis Paru yaitu Prof. Dr.Ida Parwati,MD.,PhD dipaparkan berbagai hasil penelitian dari para peneliti Indonesia yaitu Prof.Cissy Kartasasmita,MD.,PhD., dari  Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memaparkan makalah dengan judul The Evolution of Influenza Vaccine Development:The Need for Annual Vaccination. Prof. Cissy memaparkan perkembangan vaksin influenza sampai saat ini dan kebutuhan vaksinasi untuk penyakit influenza di Indonesia.

Snapshot_172.pngSnapshot_137.pngProf.Irawan Yusuf,MD.,PhD dari Universitas Hasanudin memaparkan makalahnya yang berjudul Genomic Aspect of Tropical Infectious Diseases. Prof. Irawan memaparkan tentang penyakit infeksi tropikal ditinjau dari aspek genomnya. Sedangkan Prof.Rovina Ruslami,MD.,PhD yang telah banyak melakukan penelitian dibidang penyakit Tuberkolusis dan Diabetes serta Tuberkolusis Meningitis memaparkan penelitiannya dari Project Tandem yang telah dilakukannya. Beliau memaparkan hasil penelitian-penelitiannya mengenai pengobatan dibidang Tuberkolusis dan Diabetes yang telah dilakukannya serta pelajaran yang dapat dipelajari bagi arah penelitan tuberkolusis selanjutnya melalui Projek  kerjasama.

 Direktur  Biofarma, Indonesia  yaitu drs.Adriansjah Azhari,MM memaparkan makalahnya yang berjudul Vaccine Preparedness to Prevent Emerging Infectious Diseases. Beliau memaparkan bagaimana Biofarma sebagai Lembaga yang  memproduksi vaksin di Indonesia mempersiapkan vaksin untuk mencegah menyebarnya penyakit infeksi di Indonesia. Hal mana penyakit infeksi masih merupakan penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat Indonesia, untuk hal tersebut PT. Biofarma banyak memproduksi vaksin untuk  berbagai penyakit infeksi.

 

Snapshot_175.png Pada sesi integrasi Prof.Ani M. Maskoen,DDS,PhD dari Fakultas Kedokteran menyoroti masalah bibir sumbing dari aspek genetikanya dengan judul makalah Genetic Aspect of Cleft lip and Palate non-syndromic, sedangkan peneliti dari Belanda yaitu Frank A.D.T.G Wagener, PhD dari Radbound University Medical Center, Netherlands menyoroti masalah bibir sumbing dan terbentuknya scar pada rongga mulut. Dengan judul makalah Cleft palate and Scar Formation.

Snapshot_154.pngHenny Suzana Mediani,M.Ng.,Phd, dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menyampaikan pandangannya mengenai seorang perawat dalam rangka memberikan konseling pada penerapan konsultasi genetika, dengan judul makalah Counselling and practical application of Genetic in Nursing.

Snapshot_66.pngPada sesi Human Genetic  yang dimoderatori oleh peneliti dan juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yaitu Edhyana Sahiratmadja,MD.,PhD menampilkan pembicara seperti Prof.Sultana MH Faradz,MD.,PhD dari Universitas Diponegoro dengan judul makalah Genetics Services and Resources in Indonesia; sedangkan Prof.Herawati Sudoyo,MD.,PhD dari Eijkman Institute, Indonesia mengajukan makalah dengan judul Genome of Indonesian Population, beliau memaparkan tentang asal usul masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke secara genomik. Mereka secara genetika yang berada di wilayah Barat berasal dari keturunan ras Kaukasus yang berkulit terang dan yang berada di wilayah Timur berasal dari keturunan ras Negroid yang berkulit gelap.

Prof.Narazah Mohd Yusoff dari University of Sains Malaysia mendiskusikan hasil penelitiannya mengenai peran Telomerase,gen TERT,TERC dan telomere dalam Leukaemogenesis dengan judul makalah Role of Telomerase, TERT,TERC dan telomere in Leukaemogenesis serta Prof.Sofia Mubarika,MD,Phd., dari Universitas Gajah Mada memaparkan makalah dengan judul The Implications of miRNA Deregulations on Cancer Recurrence and Metastasis

Snapshot_91.pngSnapshot_123.png Pada acara ini Prof. M.Nurhalim Shahib,MD tampil sebagai pembicara kehormatan dengan dimoderatori oleh Prof.Tri Hanggono Achmad,MD dengan judul makalah The Changes of Ascl2 Gene Expression in Health and Disease.

Dalam acara konferensi kali ini juga dibicarakan mengenai penyakit-penyakit keturunan yang disebut Mendelian Disease. Dengan dimoderatori oleh Prof.Ponpon Idjradinata,MD.,PhD dari Universitas Padjadjaran, para peneliti memaparkan hasil penelitiannya dan perkembangan penyakit Mendelian Disease ini. Mereka antara lain Snapshot_179.pngProf.Zilfalil Alwi,MD.,Phd dari University Sains of Malaysia dengan judul makalah GG2020 and Thalassaemia in South East Asia; Challenges in Molecular Diagnosis; Prof.Em.Suthat Fucharoen,MD.Phd., dari Mahidol University, Thailand , dengan judul makalah Molecular Biology pf Thalassemia for Personalized Medicine; Prof.Randi  Hagerman,MD.PhD dari MIND Institute,UC Davis Health, denga judul makalah Targeted Treatments for Fragile X Syndrome and Autism  ; Damayanti M.Sjarif,MD.PhD dari Universitas Indonesia, dengan judul makalah Mendelian Disease ; Inborn Error Metabolism; Gerard Pals,PhD dari VU University Medical Center, The Netherlands, dengan judul makalah Marfan Syndrome.

Snapshot_149.pngSetelah dipaparkan berbagai macam penyakit serta problematika yang ditimbulkannya maka pada sesi terakhir dibahas mengenai pembentukan suatu layanan konseling genetika atau Establishing Genetic Counseling Service. Dan dengna dimoderatori oleh Yunia Sribudiani,PhD dari Universitas Padjadjaran  maka para ahli mengemukakan pendapatnya yang diajukan antara lain oleh  Juliana Lee,M.Couns dari Lembaga Genetics Counseling Asia memaparkan pikirannya melalui makalah dengan judul Updates on Genetic Counseling Services in South-Asia; Badrul Hisyam Yahya,PhD dari University Sains of Malaysia mengajukan makalah dengan judul Lung Cancer Stem Cells:Treatment Strategies and Impacts; Eva Maria Cutiongco-Dela paz,MD.,PhD dari University of The Philippines, Manila dengan judul makalah X-Linked Parkinsonism;Counseling and Genetic Testing.

Snapshot_159.pngSedangkan dalam sesi integrasi dibicirakan tentang hubungan antara tata laksana pengobatan pasien dengan kombinasi antara obat dan secara psikologis. Mereka yang tampil antara lain Prof.Jan Passchier,PhD dari Vrije Iniversiteit Amsterdam, The Netherlands mengajukan makalah dengan judul Patient Reported Outcome Measures (PROMS);The Connecting link between psychology and medicine; Joke AM Hunfeld, PhD dari Erasmus Medical Center, The Netherlands dengan judul makalah Quality of Life Measurement and Application in Indonesia; Aulia Iskandarsyah,MPsi.,PhD dari Universitas Indonesia dengan judul makalah Health Literacy and Quality of Life. Sesi kali ini dimoderatori oleh Zahrotur Rusyda Hinduan,S.Psi.,MOP.,PhD dari Universitas Padjadjaran.

Dalam acara konferensi kali ini juga dipresentasikan abstract yang telah terpilih dan layak  untuk dipresentasikan setelah dinilai oleh para reviewer dalam sesi Oral Presentasion. Acara diakhiri pada pukul 17.00 WIB dengan pemberian penghargaan abstract terbaik pada peserta yang telah terpilih dan ditutup oleh chairman Prof. Ramdan Panigoro,dr.,M.Sc.,PhD.

Lampiran :
upload error
Share this Post:
Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.