Fasilitas

 

  • Kampus Fakultas Kedokteran UNPAD Jatinangor

    Kampus FK UNPAD terletak di sisi sebelah Barat kawasan gedung pendidikan Universitas Padjadjaran di Jatinangor Kabupaten Sumedang yang berjarak kurang lebih 21 KM dari Kota Bandung. Kampus ini terletak di Kawasan Pendidikan Jatinangor, karena selain Universitas Padjadjaran (UNPAD), terdapat 3 perguruan tinggi lainnya yang memiliki kampus di kawasan tersebut yaitu Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN), Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

    Kampus Fakultas Kedokteran UNPAD Jatinangor terdiri dari 6 gedung utama (A1-A6) yang terletak seluas 13.300 m2. Kampus ini dilengkapi dengan prasarana berupa lahan parkir seluas 8152 m2.

  • Gedung Perpustakaan

    Gedung perpustakaan fakultas terletak di gedung A3 menempati areal sekitar 800 m2 yang dilengkapi dengan ruangan ber-AC, tempat baca lebih dari 100 kursi, fasilitas komputer yang terkoneksi internet dan melayani operasional pelayanan dari jam 8-16 setiap harinya.

    Di dalam gedung ini terdapat koleksi buku sebanyak 30.836 buah yang terbagi dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah nasional dan internasional, bulletin, majalah dan disertasi/tesis/skripsi. Gedung ini difasilitasi juga dengan jurnal elektronik yang menyediakan kurang lebih 300 judul setiap harinya yang dapat diakses bebas dan lengkap oleh para civitas akademika FK Unpad.

    Saat ini perpustakaan fakultas mengembangkan layanan perpustakaan eletronik (e-library), yaitu suatu layanan perpustakaan yang berbasis web, sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna perpustakaan untuk mendapatkan literature yang tersebar di tempat lainnya lingkungan FK Unpad.

  • Gedung Pusat Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan Terpadu (P3KT) / Rumah Sakit Pendidikan

    Dalam upaya peningkatan kualitas dan integrasi antara proses pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan maka pada tanggal 18 Mei 2010 telah diresmikan Pusat Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan Terpadu Universitas Padjadjaran yang terletak di Jalan Eijckman No. 38.

    Gedung P3KT selain dipergunakan sebagai sarana pendidikan bagi pendidikan pasca sarjana dan profesi spesialis juga merupakan tempat pelayanan kesehatan yang telah dilengkapi fasilitas riset yang terkini.

    Sebagai wujud integrasi antara institusi pendidikan dan institusi pelayanan kesehatan, maka di antara Gedung P3KT dan Rumah Sakit Hasan Sadikin telah dihubungkan oleh sebuah jembatan penghubung yang memungkinkan pertukaran tenaga pendidik maupun tenaga kesehatan keduabelah pihak untuk saling menunjang.

    Gedung P3KT dibangun melalui dana APBN pemerintah sejak tahun 2007, memiliki area seluas 24.000 m2 yang terdiri dari 6 lantai ditambah satu basement.  Gedung ini difasilitasi dengan 5 unit lift, ruang auditorium untuk 400 orang, gedung perpustakaan, 72 bed rawat inap kasus infeksi dan onkologi, 18 unit ruang High Care Unit (HCU), CT Scan dan endoscopy treatment room.   Faslitas lain di gedung ini adalah 8 ruangan penelitian molecular biologi beserta kelengkapan alat penelitiannya, training center yang dilengkapi dengan alat-alat simulator terkini, serta ruangan conference yang ditunjang system IT yang dapat memungkinkan komunikasi dengan rumah sakit pendidikan jejaring yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UNPAD.

  • Ruang Tutorial

    Sejak dicanangkannya metode pembelajaran Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran UNPAD, maka sejak itu pula ruang perkuliahan yang dipakai diubah menjadi ruang tutorial.  Sebagai bentuk perwujudan semangat student centered learning pada PBL, maka ruang tutorial didesain hanya untuk menampung 10-12 orang mahasiswa saja.  Ruang tutorial ini dilengkapi pula dengan sarana pendukung pembelajaran PBL misalnya mini library, komputer yang didukung sarana internet dan jurnal online yang dapat diakses setiap waktu.  Beberapa ruangan dilengkapi pula dengan fasilitas AC dan LCD projector untuk kemudahan presentasi.

    Saat ini Kampus Fakultas Kedokteran UNPAD Jatinangor telah memiliki 70 ruang tutorial yang tersebar di gedung A2, A4 dan A5.

  • Laboratorium

    FK Unpad memiliki 4 (empat) laboratorium sebagai sarana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan perkuliahan. Keempat laboratorium tersebut yaitu:

    •    Laboratorium Keterampilan Klinik
    •    Laboratorium Biomedik
    •    Laboratorium Komputer
    •    Laboratorium Evaluasi Hasil Belajar

  • Student Centre

    Terletak di Kampus Jatinangor (A6)

  • Klinik Padjadjaran

    Sejak tahun 1998 UNPAD telah resmi dibuka dengan Unit Pelayanan Kesehatan bagi anggota akademis, staf non akademik serta mahasiswa UNPAD. Klinik kesehatan yang terletak di sisi barat kampus UNPAD dekat garis perbatasan antara UNPAD dan Universitas Winayamukti (lihat peta).
    Untuk operasi  klinik yang buka 24 jam dan melayani masyarakat dengan beberapa perawatan medis dan layanan seperti general check up, perawatan gigi, pelayanan laboratorium, rontgen dan tempat tidur untuk pasien terbatas. Pasien akan menerima medical check up dan juga setiap perawatan atau perawatan, obat dan jika ada pelayanan rujukan akan dibutuhkan ada juga sebuah ambulans yang tersedia untuk layanan 24 jam penuh
    Untuk siswa internasional dan mahasiswa Twinning klinik kesehatan menyediakan keamanan pemeliharaan kesehatan. Regular siswa bisa mendapatkan biaya untuk pola pelayanan yang didukung oleh universitas