08
MAR
2013

Pelatihan Etika Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Hari kedua (5/3/13) Pelatihan Etika Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran Unpad masih diminati oleh peserta. Kehadiran peserta selama dua hari cukup tinggi (75%) dari jumlah undangan yang disebar sekitar 126 orang.

Ketua Panitia (Dr. Yoni Fuadah, dr., M.Si., DFM) yang juga ditambahkan oleh Prof. Dr. Dany Hilmanto, dr., SpA (Sekretaris Komite Etik Fakultas Kedokteran Unpad/RSHS) mengatakan bahwa tujuan dari Pelatihan ini adalah sertifikasi dan pembekalan dalam pemahaman  etika penelitian ketika membimbing mahasiswa oleh dosen pembimbing skripsi , sertifikasi Doktor baru di lingkungan FK Unpad, refreshing bagi para revierver etik penelitian kesehatan dan  dan persiapan akreditasi untuk pengakuan tingkat asia pasifik dari FERCAP (Forum of Ethic Research Committee Asia Pasific).

“Selain itu harapan dari penyelenggaraan acara ini adalah menggali banyak pendapat untuk kontribusi Indonesia dalam kondep etika penelitian di tingkat Internasional yang tetap berpegang pada nilai-nilai lokal,” dalam wawancara singkatnya dengan Humas FK Unpad.

Dalam sambutan penutupan Dekan FK Unpad (Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr) menggaris bawahi dua hal : 1. Aspek perkembangan ilmu dan teknologi dimana implementasinya akan mengarah pada perkembangan etika penelitian yang banyak menemukan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Hal tersebut harus didampingi dengan penguatan moral etik dan nilai agama. 2. Bio Ethic Diversity yang berkaitan dengan metodologi dan  pada akhirnya berkesinambungan dengan aspek sosial.

Komite Etik FK Unpad/RSHS sudah berafliasi di tingkat nasional (Komite Nasional Etik Penelitian Kesehatan) NIH-USA : IORG-IRB Number 00008626 FWA for The Protection of Human, Subject : 00018324.

Semoga acara ini bermanfaat dan menambah serta membuka wawasan baru mengenai etika penelitian bagi para dosen dalam membimbing skripsi mahasiswanya khususnya dan pihak lain pada umumnya.

Pelatihan Etik 5Pelatihan Etik 4Pelatihan Etik 6