Program Pendidikan Dokter Spesialis

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) adalah program pascasarjana kedokteran yang merupakan fase lanjutan dari program pendidikan dokter umum, di dalam pendidikan tersebut peserta didik memperoleh pembelajaran di bawah supervisi  agar dapat  meningkatkan kompetensi sehingga dapat melaksanakan praktek kedokteran  dalam  bidang  spesialistis tertentu  secara mandiri dengan baik

Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran Unpad diselenggarakan  mulai tahun 1980 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia nomor: 076/II/1980. Tim Koordinasi  Pendidikan Dokter Spesialis I (TKP PPDS-I) dibentuk pada tanggal 1 Desember 1980 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran nomor : 137/Kep./UNPAD/1980.

Dalam menyelenggarakan program pendidikan dokter spesialis, setiap program studi telah memiliki kurikulum dan berbagai ketentuan  yang sesuai baik dengan  Kolegium   terkait maupun dengan  Institusi Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Jumlah program studi dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis-I ( PPDS-I ), yang pada mulanya berjumlah 6 program studi telah berkembang dengan pesat seiring dengan penambahan tenaga sumberdaya manusia dan sarana serta prasarana baik yang dimiliki oleh Rumah Sakit Pendidikan maupun oleh FK Unpad.  Pada saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran telah memiliki 21 Program Studi pendidikan dokter spesialis.

Pelamar yang mendaftar di PPDS-I Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, dari tahun ke tahun jumlahnya semakin bertambah, sehingga persaingan antar pelamar untuk dapat diterima sangat tinggi. Ditinjau  dari asal perguruan tinggi, para pelamar merupakan lulusan dari  berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, baik yang berada di Pulau Jawa maupun diluar Pulau Jawa.

Program Pendidikan Dokter Spesialis yang ada di FK Unpad:

  1. Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif
  2. Program Studi Ilmu Bedah
  3. Program Studi Ilmu Bedah Saraf
  4. Program Studi Orthopaedi dan Traumatologi
  5. Program Studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  6. Program Studi Ilmu Kesehatan Jiwa
  7. Program Studi Ilmu Kesehatan Anak
  8. Program Studi Ilmu Penyakit Dalam
  9. Program Studi Ilmu Kesehatan Mata
  10. Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
  11. Program Studi Ilmu Penyakit Saraf
  12. Program Studi Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan  Leher
  13. Program Studi Obstetri dan Ginekologi
  14. Program Studi Patologi Anatomi
  15. Program Studi Patologi Klinik
  16. Program Studi Radiologi
  17. Program Studi Ilmu Kedokteran Nuklir
  18. Program Studi Ilmu Bedah Anak
  19. Program Studi Ilmu Bedah Urologi
  20. Program Studi Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
  21. Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik